Tuesday, October 03, 2006


-- Terima Kasih Pak... --

Sudah dua bulan ini aku ( bisa di bilang ) berlangganan becak, karena memang tiap pagi aku berangkat ke kantor naik becak ( baru abis itu naik bemo maksutnya ). Tadinya ku pikir ini bukan sesuatu yang spesial untuk ku bagi cerita dengan kalian semua, tapi aku hanya ingin kalian tau, bahwa pekerjaan ini juga mulia dan tak kalah dengan pekerja di kantoran.

Tak sedikit dari kita yang menganggap sepele bahkan rendah tentang pekerjaan ini, ' tukang becak ' biasanya kata2 itu yang keluar atau muncul di benak kita jika melihat mereka. Tapi apakah pernah juga kita pikirkan, bagaimana kehidupan kita tanpa mereka ? Anak2 atau adik2 kita pun pasti kebingungan berangkat sekolah ( dalam hal ini yang sekolahnya gk jauh2 amat jadi gk perlu naik bemo, tapi klo jalan kaki bisa bikin lecet ) , walaupun sebagian besar sekarang sudah di antar oleh orang tua.

Mengayuh pedal becak bukan suatu masalah bagi mereka, walaupun jalan yang mereka tempuh berliku, di siang hari yang panas, di hari hujan yang deras, kita masih bisa melihat kerja keras mereka. Tanpanya, mungkin aku harus berjalan kaki sampe ke pangkalan bemo, dan itu bisa membuat aku selalu terlambat sampai di kantor + kaki lecet2 mengingat begitu jauhnya jarak yang harus kutempuh agar bisa sampai di pangkalan bemo itu tepat waktu. Dan selama ini, mereka begitu baik padaku, tak pernah aku mendapatkan perlakuan yang kurang mengenakkan dari mereka.


Mungkin kita bisa belajar dari semangat hidup bapak-bapak ini. Keyakinan, ketabahan, dan kesabaran mereka membuat mereka bisa bertahan sampai saat ini, untuk anak istri mereka, untuk kehidupan mereka, dan bahkan mungkin untuk diri mereka sendiri un mereka tak sempat memikirkannya. Harapan selalu menjadi jalan terang bagi mereka disaat mereka mulai berputus asa. Apa kita yang mengaku berpendidikan dan terpelajar akan kalah dengan semangat dan keyakinan hidup mereka yang begitu kuat ??


Mari, kita bersama-sama kembali merenungi arti hidup, dan kehidupan kita. Capailah cita-cita kita dengan penuh semangat, keyakinan, dan harapan yang tinggi. 4JJ1 SWT pasti melihat perjuangan kita.


Semoga bermanfaat.




0 comments: